Minggu, 24 Februari 2013

Stadion Camp Nou


Stadion Nou Camp adalah stadion kebanggaan tim Barcelona FC, dimana stadion itu merupakan simbol dan identitas dari klub tersebut. Nou Camp artinya Stadion baru, dimana stadion terbesar di Eropa ini dirancang oleh arsitek Josep Soteras Mauri dan Francesc Mitjans Miro dengan kapasitas 99000 tempat duduk. Stadion Nou Camp dibangun dari antara tahun 1955 s/d 1957 dengan pondasi beton dan besi yang menghabiskan biaya sebesar 288 juta pesetas. Sadion yang dikenal paling terasa atmosfer hubugan emosional karena jarak anatara tribun penonton dengan lapangan sangat impresif.

Sebelumnya nama stadion tersebut adalah Estadi del FC Barcelona, pada tahun 2000 para petinggi Barcelona FC sepakat mengganti nama stadion menjadi Nou Camp. Nou Camp sering digunakan untuk pertandingan-pertandingan internasional termasuk du kali final piala Champions.

Stadion yang dibuka untuk umum pada 24 September 1957, telah beberapa kali mengalami renovasi yaitu sekitar tahun 1998 – 2008. . Namun, setelah melakukan voting, para petinggi Barca setuju mengubah namanya menjadi Nou Camp pada 2000. Sejak berganti nama, banyak pertandingan internasional digelar di stadion ini, termasuk dua kali laga final Liga Champions. Sepanjang perjalanannya, stadion ini telah dua kali mengalami renovasi, yakni pada 1998 dan 2008. Stadion Nou Camp memiliki ukuran lapangan 105 68 m.

Stadion ini memiliki berbagai macam fasilitas tidak hanya sebagai lapangan sepakbola saja, dimana didalam stadion terdapat museum dan area multimedia. Dengan adanya area multimedia kita dapat mendapatkan seluruh informasi apapun tentang Barcelona FC, yang disajikan dengan teknologi layer sentuh. Di museum, kita bisa melihat semua trofi-trofi yang didapatkan klub Catalan tersebut, dengan syarat tidak boleh menyentuhnya.

Pada musim 1998-1999, UEFA memberikan status bintang lima untuk stadion Nou Camp, sehingga di wilayah Spanyol hanya ada 4 stadion yang mempunyai status bintang lima, selain Nou Camp, Lluis Companys Olimpic yang juga di Barcelona, Cartuja Olympic Stadium di Seville, Vicente Calderón stadionnya Atlético Madrid, dan Santiago Bernabeu kandangnya Real Madrid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar